Panduan Penulisan Jurnal

Posted by .

 

PETUNJUK PENULIAS JURNAL DAPAT DI DOWNLOAD

DI SINI panduan

 

Petunjuk bagi Penulis Naskah di Jurnal Profesi Pendidik

 

  1. Artikel yang dimuat di Jurnal Profesi Pendidik berupa hasil penelitian di bidang kependidikan. Naskah ditulis dengan huruf Arial ukuran 10, pada kertas A4 (21 x 29,7 cm) sepanjang antara 15-20 halaman dan dikirimkan dalam bentuk softfile serta dibuat dalam program Microsoft Word. Pengiriman artikel dapat dikirimkan melalui e-mail ke alamat: profdik@gmail.com

 

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dengan format esai disertai subjudul pada masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan disajikan tanpa subjudul. Judul artikel dicetak tebal dengan menggunakan huruf kapital di tengah-tengah dengan ukuran 14. Peringkat subjudul menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal, letaknya pada tepi kiri halaman dan tanpa dengan angka, sebagai berikut:

PERINGKAT 1 (SEMUA HURUF BESAR, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

Peringkat 2 (Huruf Besar-Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3 (Huruf Besar-Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

 

  1. Jika penulis artikel terdiri dari dua orang atau lebih, semua nama penulis ditulis secara lengkap dan berurutan serta nama penulis yang dicantumkan pada urutan pertama sebagai penulis utama diberi garis bawah tebal (________). Artikel yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama. Penulis dianjurkan mencantumkan alamat email dan nomor telepon untuk memudahkan komunikasi.

 

  1. Sistematika artikel sebagai berikut:

Judul [Arial 14 Bold (tidak lebih dari 16 kata)]

Nama Penulis [Arial 12 Bold (tanpa gelar akademik dan diberi superscript angka dan bintang tebal (1,*) dan garis bawah tebal (________) untuk keperluan asal instansi dan keperluan korespondensi serta penulis utama]

Abstrak [Arial 10 Bold (ditulis kapital miring dalam bahasa Indonesia 100-150 kata)]

Kata Kunci (ditulis miring dalam bahasa Indonesia antara 3-5 kata)

Pendahuluan (tanpa subjudul) yang memuat latar belakang permasalahan, identifikasi dan rumusan permasalahan serta kerangka teori)

Metode Penelitian

Hasil dan Pembahasan

Simpulan dan Saran

Daftar Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam uraian saja)

 

  1. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) maupun artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah.

 

  1. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung [nama, tahun atau nama (tahun)]. Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman asal kutipan. Contoh: (Slavin,2008:69) atau Slavin (2008:69).
  2. Daftar pustaka disusun mengikuti tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis:

 

Buku

Muijs, Daniel & Reynolds, David. 2008. Effective Teaching: Evidence and Practice (Second Edition). London: Sage Publication Ltd.

 

Buku Terjemahan

Straus, Anselm & Corbin, Juliet. 2003. Dasar-Dasar penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data (Terjemahan oleh Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

 

Buku Kumpulan Artikel

Suwandi, Sarwiji. 2004. “Pemantapan Peran Bahasa Kebangsaan Sebagai Alat Kohesi Nasional” dalam Katharina Endriati Sukamto (Ed.). Menabur Benih Menuai Kasih. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian

Siswandari. 2006. “Peningkatan Transferable Skills  Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Melalui Peningkatan Kualitas Pembalajaran Statistika Berbantuan Komputer (Upaya Meningkatakan Competitive Advantage Lukusan Pendidikan Tinggi)”. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

 

Artikel dalam jurnal atau majalah

Suryanto,Edy. 2007. “Stilistika Sajak “Kusebut” dan “Kupunya” karya Abdul Hadi W.M.” dalam Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, Volume 5, Nomor 1, April 2007, halaman 65-76.

 

Makalah

Gunarawan, Asim. 2003. “Beberapa Prinsip Dalam Komunikasi Verbal: Tinjauan Sosiolinguistik dan Pragmatik”. Makalah disajikan dalam Pertemuan Ilmiah Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia XXV (PIBSI XXV) di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 6-7 Oktober 2003.

 

Internet

Wycoff, Joyce. 2008. “Kebiasaan Mendongeng Hilang, Sastra pun Mati” dalam http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0705/04humaniora, diunduh 5 Juni 2008.

 

  1. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel dan gambar dapat mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdibud, 1987) dan artikel bahasa Inggris menggunakan ragam baku.

 

  1. Semua artikel ditelaah secara anonim oleh mitra bestari yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis diberikan kesempatan untuk merevisi artikel atas dasara saran dari mitra bestari atau penyunting.

 

  1. Pemeriksaan dan penyuntingan artikel dikerjakan oleh penyunting dan/atau dengan melibatkan penulis. Artikel yang sudah diperiksa dan disunting dapat dibatalkan pemuatannya oleh penyunting jika diketahui bermasalah.

 

  1. Pengiriman artikel disertai nama penulis, alamat, nomor telepon dan email kepada:

Jurnal Profesi Pendidik

Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah

Gedung C Lantai 1 FKIP UNS

Jalan Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta 57126, email: j.profdik@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>